Sabtu, 19 November 2016

Etika dalam Taekwondo

  • Etika dalam Taekwondo 

Di dalam taekwondo, ada beberapa etika yang harus dipatuhi oleh para taekwondoin. Taekwondo juga mengajarkan kedisiplinan dan rasa saling menghormati terhadap sesama.

Beberapa etika dalam berlatih taekwondo yaitu antara lain :
  1. Menghormati tempat latihan (Dojang) saat memasuki dan meninggalkan tempat latihan.
  2. Mengormati terlebih dahulu kepada guru kepala (Sabeum Nim), guru (Sabeum) dan senior (Seonbae) sesuai dengan tingkatan sabuk.
  3. Saat guru memasuki tempat latihan, hentikan aktifitas, lalu hormat kepada guru seperti pada saat permulaan dan akhir latihan.
  4. Penyebutan nama wajib menggunakan Sabeum Nim, Sabeum atau Seonbae.
  5. Apabila menghadap / meninggalkan Sabeum atau Seonbae, memberi hormat terlebih dahulu kemudian mundur selangkah kebelakang dan sampaikan maksud anda dengan singkat dan jelas.
  6. Seorang guru dapat menggunakan kata-kata keras tanpa membedakan usia meskipun pada saat seragam latihan tidak digunakan atau di luar jam latihan. Rasa hormat kepada yang lebih tua, harus lebih diutamakan.
  7. Saat melakukan Meditasi (Muk Nyeom) atau Berdo’a, harus dilakukan dengan khusyuk dan hening.
  8. Kerapian dan kebersihan seragam adalah hal yang amat penting. Seragam tidak boleh dipakai di luar jam dan tempat latihan. Pakaian olahraga yang kurang sopan, seperti celana pendek dan kaos lengan pendek tidak diperkenankan dipakai dalam tempat latihan.
  9. Selama latihan, tidak diperkenankan memakai aksesoris seperti gelang, cincin, kalung, tindik dan sebagainya. Hal ini dilakukan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan (cidera).
  10. Jangan berbicara dengan suara keras, memaki, tertawa, terkikik, mengunyah permen atau bahkan merokok di dalam tempat latihan ketika latihan tengah berlangsung.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Animasi

Lagu2

Most Recent

Lagu

Diberdayakan oleh Blogger.

Random Posts

Follow us

Comments

Recent Posts

Business

Flickr Widget

About Me

Followers

Comments

Facebook

BTemplates.com

Popular Posts

Recent Posts

Flag Counter

Unordered List

Hetalia: Axis Powers - Norway

Pages