Sabtu, 19 November 2016

Sejarah dan Asal Usul Taekwondo

    Yaps! Kali ini saya akan membahas mengenai sejarah dan asal usul Taekwondo
  • Sejarah dan asal usul

    Taekwondo berkembang sejak tahun 37M. Tepatnya pada masa dinasti Kogooryo di Korea.Namun, masyarakat menyebutnya dengan nama yang berbeda, yaitu Subak, Taekkyeon, Taeyeon. Taekwondo biasanya dijadikan pertunjukkan acara ritual yang dilakukan oleh rakyat Korea. Beladiri Taekwondo dijadikan sebagai salah satu senjata bagi para ksatria.

    Pada tahun 1945, rakyat Korea berusaha mengembangkan taekwondo agar taekwondo tersebut diterima dan berkembang pesat diseluruh dunia.
    WTF(World Taekwondo Federation) adalah salah satu badan federasi taekwondo dunia yang resmi berdiri pada tanggal 28 Mei 1973. Presiden Korea pada masa itu adalah Kim Un Yong. WTF merupakan program resmi pertahanan nasional bagian tentara dan kepolisian di Korea. WTF juga beranggotakan lebih dari 186 negara.


    Taekwondo aliran WTF berkembang di Indonesia pada tahun 1975, dibawa oleh Mauritsz Dominggus. Namun, pada saat itu taekwondo belum berkembang dikarenakan beladiri karate lebih dulu hadir di Indonesia. Seperti aliran karate Shindoka. Ada pula salah satu perguruan dari Belanda yang bernama Katedo dan merupakan gabungan dari Karate dan Taekwondo


    Pada tanggal 15 Juli 1974, atas saran Prof. Kim Ki Ha yang merupakan ketua asosiasi Korea di Indonesia Katedo diganti nama menjadi Institut Taekwondo Indonesia atau disingkat Intido. Pada tahun 1975, Prof. Kim Ki Ha berusaha memperjuangkan intido agar dapat diterima sebagai anggota WTF dan menurut pihak WTF, intido harus diubah menjadi Federasi Taekwondo Indonesia atau FTI.
    Pada 17 Juni 1976, FTI resmi menjadi anggota WTF yang ditandatangani sendiri oleh ketua WTF yaitu Kim Un Yong.
    Share:

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Animasi

    Lagu2

    Most Recent

    Lagu

    Diberdayakan oleh Blogger.

    Random Posts

    Follow us

    Comments

    Recent Posts

    Business

    Flickr Widget

    About Me

    Followers

    Comments

    Facebook

    BTemplates.com

    Popular Posts

    Recent Posts

    Flag Counter

    Unordered List

    Hetalia: Axis Powers - Norway

    Pages